iBook + Web Developer

Ya, sekarang saya berpindah menggunakan iBook. Tepatnya iBook G4. Alasannya sederhana, laptop saya yang lama rusak dan ada senior yang ingin menjual iBooknya dengan harga yang relatif murah.
Setelah iBook di tangan, selanjutnya adalah membangun lingkungan pembangunan aplikasi berbasis web sebagaimana pekerjaan saya sehari-hari. Berikut daftar kebutuhan saya:

  1. Webserver
  2. Server basisdata
  3. Manajemen basisdata
  4. Text editor
  5. Debugger

Untuk #1 & #2 dapat dipenuhi oleh XAMPP for Mac. Pada situs tersebut telah tersedia lengkap dengan cara instalasinya. Oh iya jangan takut, binari yang disediakan adalah Universal Binary, artinya dapat digunakan pada basis PPC atau Intel.
Untuk #3 seharusnya dapat dipenuhi juga oleh paket XAMPP. Disana terdapat PhpMyAdmin yang cukup tangguh dalam membantu manajemen basisdata. Namun jika menginginkan aplikasi berbasis desktop yang native dengan Mac OSX, Sequel Pro bisa menjadi pilihan. Pada situsnya telah lengkap dituliskan mengenai fitur-fitur pada Sequel Pro. Perhatikan versi Mac OSX yang cocok dengan installer.
Untuk #4, pilihan saya adalah TextWrangler. Ya cukup lah untuk kebutuhan editor PHP. Ada syntax highlighting, auto-indent, function explorer, file browser, dan lain sebagainya.
#5 lebih tepatnya untuk melakukan debug pada Javascript. Untuk itu pilihan yang cocok adalah extension Firefox, Firebug.
Setelah memakai iBook untuk beberapa saat, yang saya rindukan dari Linux adalah tersedianya aplikasi secara bebas dan gratis🙂, berikut kemudahan instalasi melalui repositori. Oh i miss that so much.
Oh satu lagi yang tertinggal. Jika lingkungan pembuatan aplikasi merupakan tim, satu aplikasi yang penting adalah klien SVN. Yang saya gunakan sekarang adalah SmartSVN. Fitur2nya mencukupi kebutuhan saya. Checkout, update, commit, compare, log dan masih banyak yang belum saya jelajahi.

Powered by ScribeFire.

5 Balasan ke iBook + Web Developer

  1. wahyu am mengatakan:

    nice😉

  2. arham blogpreneur mengatakan:

    wahhh programmer juga yah😀

    oia, agak lemot nih… baru denger ada yg namnya iBook🙂

  3. Brain mengatakan:

    keren nih iBook G4.

Tinggalkan Balasan

