Dari 10.0 ke 10.1

Akhirnya saya putuskan untuk berpindah ke SuSE 10.1. Setelah beberapa hari diimingi ISO 10.1 yang tersimpan rapi di harddisk dan kondisi laptop yang tiba-tiba menjadi menjengkelkan, SuSE 10.1 sukses di-install di laptop saya.

Pro: Sudah disertakan paket firefox 1.5, open office 2.0 (tdk pre lagi), kde 3.5, modem nokia saya terdeteksi dengan otomatis dan lancar.

Kontra: Laptop saya jadi lambat, SuSE tetap tidak menyertakan dukungan multimedia untuk file media yang berpropierti, instalasi yang cukup menyulitkan (karena utilitas pembantu instalasi mendeteksi layar saya sebagai laya 17″ sehingga besar UI lebih besar dari besar layar. Saya harus menebak tombol OK, Back, Abort dll)

Yang belum dibuktikan sekarang adalah penyebab laptop saya menjadi bermasalah selama ini yaitu power management, dimana acpi membuat file log yang tiba2 membesar sampai menghabiskan tempat sehingga berpengaruh pada saat booting dan login, sudah teratasi atau belum. Saya sendiri pada edisi 10.0 tidak berusaha mencari penyelesaiannya. Semoga akan baik2 saja.

3 Balasan ke Dari 10.0 ke 10.1

  1. IMW mengatakan:

    SUSE 10.1 tidak menyertakan propreitary stuffs (NVIDIA, AVM dsb), utk itu install ISO extra dan download beberpaa module kernel. Utk multimedia sebaiknya pakai packet dari Packman atau dari SuSE guru, tambahkan di SMART (program instal manager yang baru) source itu.

    Jangan lupa baca planetsuse.org

  2. Dimas mengatakan:

    Terima kasih pak sarannya. Saya sudah mencoba paket dari Packman dan hasilnya menggembirakan. Untuk SuSE guru dan SMART blm saya pakai

  3. channel321 mengatakan:

    Wan, minta solusinya boleh?
    saya baru saja install opensuse 10.1.. sukses.. sekarang masalahnya tinggal 1: internet: saya pakai nokia 6015 dan kabel data ga ke detect, padahal waktu di dmesg konfigurasi kabel datanya ada..
    thanx sebelumnya..

Tinggalkan Balasan

